Pemuda Karang Taruna Seputih Surabaya Adakan Bazar Ekonomi Kreatif dan Seminar Ekonomi

Madani-news.com – Selain menggembleng di bidang Pertanian dan Lembaga Organisasi, Kelompok Wanita Tani dan Karang Taruna di Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah juga dibekali wawasan seminar ekonomi kreatif oleh Ratu Kripik dari Yogjakarta agar bisa mandiri serta di pelopori oleh KSPS BMT Arrahmah Seputih Surabaya.

Kiprah ini direspon positif oleh para masyarakat dan para tamu undangan yang diwujudkan dengan membuat aneka makanan minuman (makmin), serta Jamu Cabe Puyang Tradisional yang terbuat dari bahan alam hasil tangan anak muda Karang Taruna Gaya Baru 4. Karya Karang Taruna ini ditampilkan saat bazar yang diadakan di Kec. Seputih Surabaya.

“Saya terinspirasi dari beberapa daerah melakukan Bazar-bazar dengan kreatif serta inovatif, oleh anak-anak yang kreatif serta pengusaha muda sukses. Jadi saya harus merintis dari sekarang walaupun di dengan keserdehanaan,” kata Fendi, Ketua Karang Taruna Gaya Baru 4 yang berjualan Jamu Cabe Puyang Tradisional di bazar yang dibuka di Kecamatan Seputih Surabaya serta di Hadiri oleh Camat Seputih Surabaya Almisan, Harahap, Kamis (11/4/2019).

Febdi bersyukur dan senang karena dagangan Jamu Cabe Puyang Tradisional lumayan ramai dibeli para guru, para kantor, serta staff kecamatan dan teman-temannya hingga masyarakat pengujung. Ia pun bertekad akan tampil lebih maksimal saat bazar mendatang di kecamatan seputih surabaya maupun di tempat lain.

Tak hanya Fendi, kalangan Masyarakat dan para guru maupun Staff Pemerintah Kecamatan samapi Pemerintah Desa,Camat Almisan berharap ini akan mengapresiasi anak-anak muda yang kreatif untuk melakukan usaha serta bisa berwirausaha dari diri sendiri dan berani tampil di bazar seperti ini ujarnya kepada Madani-news.com.

“Nggak nyangka Bazar Ekonomi Kreatif ini bisa ramai serta menjadi inovasi pelaku usaha lainnya serta jualan laris. Semoga kelak bisa mandiri dan bermakna bagi orang lain,” kata Sumirah, salah satu staff pemerintah Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah

Almisan berharap, selaku Camat Seputih Surabaya menjelaskan pihaknya sangat mendorong para anak-anak muda serta pemuda Karang Taruna lainnya untuk lebih berkualitas dan unggul dalam segala bidang. Termasuk di bidang ekonomi kreatif sebagai bekal di masa depan agar bisa mandiri dan sejahtera.

“Pemberdayaan ekonomi mikro dan ekonomi kreatif juga sangat dibutuhkan para anak muda untuk membangun semangat wirausaha sejak dini. Hal ini juga sejalan dengan program masyarakat yang selalu bergotong royong dan inovasi yang diinisiasi oleh Bupati Loekman Djoyosoemarto,” ujar Almisan.

Untuk memasarkan karya anak muda ini, Almisan memfasilitasinya melalui bazar bertepatan di Triminal Gaya Baru. Bazar bertujuan melatih anak muda supaya selalu berkreasi dan berinovasi dimulai dari hal yang sederhana dan murah seperti membuat aneka kuliner makmin, serta aksesoris seperti tas, dompet, dan gantungan gunci, untuk dijual ke masyarakat.

Agar bazar lebih semarak, panitia menghadirkan band lokal serta komunitas lainnya agar meriahkan bazar ini. Adapun penyanyinya berasal dari kalangan anak muda setempat dan komunitas setempat. (Red)