Kadis Perdagangan dan Pasar Kota Metro di duga Melakukan ” Penistaan ” atas Profesi dan UU Pokok Pers, di Serahkan Ke Pihak Berwajib

    0
    96

    Kota Metro – Wartawan atau Jurnalis merupakan profesi yang berdasarkan Undang – Undang Pokok Pers dalam menjalani kerja jurnalistik nya dilindungi negara berdasarkan aturan hukum yang berlaku.Peran Pers sebagi control sosial tentu harus dihormati, bukan malah sebaliknya mendapat ” penistaan “, tindakan tidak terpuji dan melawan hukum yang telah dilakukan Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar terhadap Wartawan / Jurnalis, merupakan “Preseden Buruk ” dan kemunduran dunia Pers di Kota Metro.

    • Yudha Saputra , Jurnalis media online saat di wawancarai mengatakan ,
    • ” Saya sempat kaget dan menegor beliau ( kadis Leo Hutabarat ) , itu bahasa benar buat saya atau orang lain. Ternyata memang diperuntukan buat saya ,” ujarnya dengan nada kesal.

    ” lalu saya kirim pesan kepada kadis leo bahwa saya tidak meminta imbalan atau apapun itu kepada narasumber , hanya ingin wawancara untuk ketersediaan data berita serta mematuhi kode etik jurnalistik saja ,” tegas jurnalis pemilik media Inspirasi Post grup.

    Yudha saputra menambahkan ,

    “Ternyata setelah beberapa waktu Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Leo Hutabarat  mengirim pesan singkat kepada saya dengan tujuan meminta maaf dan mengakui kesalahan  nya , sangat tidak terpuji serta menjadi  preseden buruk bagi insan pers ”

    ” Ini  harus menjadi pelajaran bagi semua agar  jangan sampai terulang lagi di kemudian hari ,” tambah nya.

    Lebih lanjut Yudha Saputra menambahkan ,

    ” Secara manusiawi saya legowo tetapi saya tetap akan serahkan  permasalahan ini sesuai aturan yang berlaku sebagi sebuah pelajaran agar semua pihak harus menghormati profesi mulia jurnalis sebagai control sosial dalam penyelenggaraan negara ,” jelasnya.

    Untuk diketahui , beberapa waktu lalu jurnalis media online Inspirasi Post grup bermaksud mengajukan jadwal wawancara kepada Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Kota Metro sebagai bentuk mematuhi kode etik jurnalistik serta UU pokok Pers dalam melakukan kerja jurnalistik.

    Tetapi sangat ” Miris ” Bukan jadwal wawancara yang di dapat melainkan kata yang tak pantas diucapkan oleh ASN ( Aparatur Sipil Negara , red ), dengan jabatan Kepala Dinas yang seharusnya menjadi panutan serta  menjaga norma dan etika sebagai pejabat Negara.

    ” Ini tanggal tua , harus nya dinda datang tanggal muda saja ,saya sedang diluar cari uang ,” seperti diucapkan Kadis Perdagangan dan Pasar, Leo Hutabarat, terhadap jurnalis Media Online Inspirasi Post grup beberapa waktu lalu melalui telpon selularnya.

    Sampai berita ini diturunkan , Yudha Saputra , jurnalis yang menjadi korban ” Penistaan” oleh Kadis Perdagangan dan pasar Kita Metro  saat menjalannkan profesi nya.

    ok

    Hal ini sepenuhnya akan diserahkan kepada pihak berwajib.Setelah melalui analisa , kajian serta melengkapi beberapa unsur alat bukti dan sharing kepada beberapa Organisasi Wartawan seperti KWRI dan lain lain nya , karena tindakan tersebut di duga telah melawan UU Pokok Pers no 40 , Kode Etik Jurnalistik serta unsur pasal yang lain. ( Tim Redaksi )